Postingan Populer

Asal Usul Nama-nama Merk Terkenal yang Berhubungan dengan Komputer

Berikut ini asal usul nama-nama merk terkenal, unik-unik juga lho..
Adobe
Berasal dari nama sungai Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah pendirinya, John Warnock.
Apple Computer
Apel adalah buah favorit dari sang pendiri perusahaan, Steve Jobs. Dia tiga bulan terlambat mengajukan nama untuk bisnis, dan ia mengancam untuk memanggil perusahaannya Apple Computers kalau rekan lain tidak menyarankan nama yang lebih baik sampai jam 5 sore.

CISCO
Ini bukan singkatan seperti yang populer diyakini. Ini adalah singkatan untuk San Fransisco.
Compaq
Nama ini dibentuk dengan menggunakan COMP, untuk komputer, dan PAQ untuk menunjukkan benda terpisahkan kecil.
Corel
Nama ini berasal dari nama pendirinya Dr. Michael Cowpland. COREL adalah singkatan dari Cowpland REsearch Laboratory.
Google
Nama ini dimulai sebagai lelucon tentang jumlah informasi yang mampu dicari oleh mesin pencari. Pada awalnya disebut ‘Googol’, sebuah kata untuk bilangan yang diawali dengan angka 1 dan diikuti dengan 100 nol. Setelah para pendirinya – mahasiswa pascasarjana Stanford – Sergey Brin dan Larry Page mempresentasikan proyek mereka ke seorang investor, mereka menerima cek yang dibuat untuk ‘Google’ … sehingga dipakailah nama itu.
Hotmail
Sang pendiri Jack Smith mendapatkan ide untuk mengakses email melalui web dari komputer mana saja di dunia. Ketika Sabeer Bhatia muncul dengan rencana bisnis untuk layanan mail, dia mencoba segala macam nama yang diakhiri dengan ‘mail’ dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan hotmail karena termasuk huruf “html” – bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis halaman web. Hotmail awalnya ditulis sebagai HoTMaiL.
Hewlett Packard
Bill Hewlett dan Dave Packard melempar koin untuk memutuskan apakah perusahaan mereka mendirikan akan disebut Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.
Intel
Bob Noyce dan Gordon Moore ingin nama perusahaan baru mereka ‘Moore Noyce’ tapi nama tersebut sudah terdaftar sebagai merek dagang oleh sebuah jaringan hotel, jadi mereka memutuskan untuk menggunakan nama INTEL yang merupakan singkatan dari INTegrated ELectronics.
Lotus (Notes)
Mitch Kapor mendapatkan nama perusahaannya dari ‘The Lotus Position’ atau ‘Padmasana’. Kapoor adalah guru Meditasi Transendental dari Maharishi Mahesh Yogi.
Microsoft
Diciptakan oleh Bill Gates untuk mewakili perusahaan yang awalnya ditujukan untuk MICROcomputer SOFTware. Awalnya ditulis Micro-Soft, tanda ‘-’ dihapus di kemudian hari.
Motorola
Pendirinya, Paul Galvin mendapatkan nama ini ketika perusahaannya mulai memproduksi radio untuk mobil. Perusahaan radio mobil yang populer pada saat itu adalah Victrola.
Oracle
Larry Ellison dan Bob Oats bekerja pada proyek konsultasi untuk CIA (Central Intelligence Agency). Nama kode untuk proyek ini disebut Oracle (CIA melihat ini sebagai sistem untuk memberikan jawaban atas semua pertanyaan). Proyek ini dirancang untuk membantu menggunakan kode SQL yang baru dibuat oleh IBM. Proyek ini akhirnya dihentikan namun Larry dan Bob memutuskan untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai dan membawanya ke dunia. Mereka terus menggunakan nama Oracle dan menciptakan mesin RDBMS. Kemudian mereka tetap menggunakan nama itu sebagai nama perusahaan.
Sony
Berasal dari kata Latin ‘sonus’ yang berarti ‘suara’, dan ‘sonny’ adalah bahasa slang Amerika untuk menyebut pemuda cerdas.
SUN
Didirikan oleh 4 mahasiswa dari Stanford University, SUN adalah singkatan dari Stanford University Network. Andreas Bechtolsheim membangun sebuah mikrokomputer, Vinod Khosla merekrut dia dan Scott McNealy untuk memproduksi komputer berdasarkan mikrokomputer itu, dan Bill Joy untuk mengembangkan OS berbasis UNIX untuk komputer.
Yahoo!
Kata ini awalnya diciptakan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya ‘Gulliver Travels’. Yahoo merupakan orang yang menjijikkan dalam penampilan dan tindakan dan tidak seperti manusia. Pendiri Yahoo! Jerry Yang dan David Filo memilih nama ini karena mereka menganggap diri mereka adalah golongan yahoos.

Ditulis Oleh : a ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel Asal Usul Nama-nama Merk Terkenal yang Berhubungan dengan Komputer ini diposting oleh a pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

1 comment

9 Maret 2013 pukul 16.56  

waw, menarik sekali infonya.

thanks for share..

Reply

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini, Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Kami. Jangan Lupa Memakai Sopan Santun :D

Blogger Widgets