Postingan Populer

Mengganti Domain ke co.cc

Sebelumnya saya pernah menulis Menggunakan Domain CO.CC untuk Alamat Blog di Blogger, dan ini saya merupakan kelanjutan dari tulisan tersebut. Dalam tulisan sebelumnya tersebut, penggunaan pengalamatan blog di Blogger dengan custom domain .co.cc hanya meng-cover penggunaan subdomain dari nama domain yang didapatkan dari CO.CC, belum bisa langsung menggunakan nama domain yang didapatkan. Misalnya saya mendapatkan domain namague.co.cc, dengan mengacu tulisan sebelumnya, saya sudah bisa menggunakan alamat siapa.namague.co.cc atau www.namague.co.cc sebagai alamat blog, tapi belum dijelaskan bagaimana jika saya menginginkan http://namague.co.cc sebagai alamat blog.
Berikut cara yang sudah saya coba agar dapat menggunakan http://namague.co.cc sebagai alamat blog di Blogger.



cocc-blogger-a1 Langkah-langkahnya hampir sama seperti pada tulisan sebelumnya, perbedaannya ketika melakukan setup domain CO.CC, saya tidak bisa menambahkan CNAME record langsung untuk namague.co.cc, dan sebagai gantinya, saya menambahkan A record. Karena nilai A record harus berupa IP address, saya mengambil IP address dari untuk server ghs.google.com dengan cara ping dan mendapatkan 64.233.179.121. Jadi untuk Host saya masukkan namague.co.cc, TTL: 1D, Type: A, dan Value: 64.233.179.121. Kemudian klik tombol Set up.
cocc-blogger-a2 Jika selain dapat diakses melalui http://namague.co.cc  juga dapat melalui http://www.namague.co.cc, maka untuk keperluan ini tetap menambahkan CNAME record untuk www.namague.co.cc, seperti nampak pada gambar di samping. Karena sebelumnya saya sudah menambahkan A record untuk namague.co.cc ke IP address ghs.google.com, bisa saja untuk Value diisi namague.co.cc.
Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan di Panel Kontrol Blogger, sama seperti sudah digambarkan pada tulisan sebelumnya, hanya pada saat pemasukkan custom domain yang saya masukkan adalah namague.co.cc seperti ini.
cocc-blogger-a5
Setelah klik tombol Simpan Pengaturan, maka berikutnya sudah ada pilihan Mengarahkan www.namague.co.cc ke namague.co.cc. Beri centang pada pilihan tersebut, dan Simpan Pengaturan kembali.
cocc-blogger-a6
Itu bertujuan agar ketika pengunjung mengakses alamat blog saya dengan menggunakan www, akan tetap diteruskan ke alamat yang dipilih yaitu yang tanpa www. Tetapi di sini saya dapat saja mempertukarkan mana yang akan diteruskan mana yang akan digunakan sebagai pengalamatan (URL).
Hal yang perlu diperhatikan adalah petunjuk yang diberikan Google adalah penggunaan CNAME record ke ghs.google.com. Dan jika suatu saat, misalnya 2 tahun kemudian Google mengubah IP address untuk ghs.google.com, maka penambahan A record seperti dituliskan di atas bisa saja menjadi tidak valid.

Get your co.cc

Ditulis Oleh : a ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel Mengganti Domain ke co.cc ini diposting oleh a pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Reply

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini, Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Kami. Jangan Lupa Memakai Sopan Santun :D

Blogger Widgets